Bantuan Modal Pemerintah Masih diperlukan UMKM Dalam Menjalankan Usaha

Peranan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menyerap tenaga kerja sangat besar. Oleh karenanya   perlu mendapat dukungan dari Pemerintah baik dari sisi permodalan maupun pembinaan untuk kemajuan usaha. Hal itulah yang terungkap pada Sosialisasi Sistem Informasi Kredit Program Tahap II  Selasa 22 November 2016 bertempat di Mini TLC Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat.

Acara dibuka Plt. Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Putut Suyoso Tricahyono yang dalam sambutannya memaparkan Fungsi dari Aplikasi Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dan bagaimana peranan UMKM dalam menyerap Tenaga Kerja.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju,  Kabupaten Mamuju Tengah, PLUT UMKM Provinsi Sulawesi Barat, Bank Indonesia dan Bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dalam pemaparannya, Doddy Handaryadi Plt. Kepala Bidang PPA II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat memaparkan peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Doddy juga menyampaikan bahwa UMKM mempunyai peranan yang krusial bagi perekonomian negara kita dan pemberian kredit kepada UMKM mendorong penyebaran risiko, karena penyaluran kredit kepada usaha kecil dengan nilai nominal kredit yang kecil memungkinkan bank untuk memperbanyak jumlah nasabahnya, sehingga pemberian kredit tidak terkonsentrasi pada satu kelompok atau sektor usaha tertentu.

Pemerintah Daerah dalam penyaluran KUR atau yang lebih dikenal dengan nama Kredit Usaha Rakyat, pemanfaatan data pada SIKP ( Sistem Informasi Kredit Program )  oleh Pemerintah Daerah  dan Dasar Hukum Pembangunan dan Fitur Pelaporan dalam SIKP.

Narasumber ketiga, Hepy Yuda Hariyanto, menyampaikan materi aplikasi SIKP ( Sistem Informasi Kredit Program ) kepada peserta. Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan tata cara perekaman debitur potensial kedalam aplikasi SIKP dan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh Pemda terkait data KUR didaerahnya masing-masing.

Pada sesi diskusi, peserta menyampaikan permasalahan-permasalahan UMKM pada daerahnya, pihak perbankan menyampaikan penyaluran KUR dan perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Barat memberikan masukan terkait pengembangan UMKM di Sulawesi Barat.

Updated: 19 December 2016 — 08:42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014