Blokir DIPA masih hambat Pelaksanaan Anggaran

IMG_5573Bertempat di Lantai 5 Gedung Keuangan Negara Mamuju, Kamis, 28 April 2016, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) Triwulan I Tahun Anggaran 2016. Kesempatan ini merupakan ajang bagi satuan-satuan kerja untuk mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses pelaksanaan anggaran sampai dengan triwulan I tahun 2016. Acara ini dihadiri oleh pejabat dan pengelola keuangan pada satker lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat.

IMG_5583Dalam sambutannya, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat Catur Ariyanto Widodo memberikan apresiasi kepada segenap satker atas kinerja yang baik pada awal tahun anggaran 2016 dan berharap pelaksanaan anggaran pada triwulan berikutnya dapat berjalan lebih baik lagi. Catur juga menyampaikan isu-isu keterlambatan pencairan dana dan adanya blokir yang menghambat realisasi pada triwulan I tahun anggaran 2016.

EPA ini dibagi dalam dua sesi, dengan moderator salah satu Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I A (PPA I A) Bambang Maryanto pada sesi pagi dan Kepala Bidang PPA I I Gusti Bagus Eddy Pramana Madurja pada sesi siang. Dua sesi tersebut diisi oleh enam narasumber dengan materi monitoring dan evaluasi per K/L masing-masing.

IMG_5612Pada sesi pertama, tampil sebagai narasumber pertama yaitu Kabid PPA I Bagus Eddy yang menyampaikan gambaran umum dan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Kementerian Dalam Negeri Provinsi Sulawesi Barat. Narasumber kedua yaitu Rosandi, staf Seksi PPA I C, yang menyampaikan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Kementerian Hukum dan HAM dan Kementerian Pertanian Provinsi Sulawesi Barat. Untuk narasumber yang terakhir pada sesi pertama yaitu Anthon Misalayuk, Staf Seksi PPA I B yang menyampaikan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat.

IMG_5668Selanjutnya pada sesi kedua, tampil sebagai narasumber pertama yaitu Kasi PPA I A Bambang Maryanto yang menyampaikan materi gambaran umum dan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Barat. Narasumber kedua yaitu Nasrullah, staf Seksi PPA I A, menyampaikan materi gambaran umum dan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Kementerian Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat. Pada kesempatan terakhir, narasumber ketiga yaitu Mohamad Pradana Aditya, staf Seksi PPA I D, menyampaikan materi gambaran umum dan overview pelaksanaan anggaran satker lingkup Polri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat.

Dari hasil kegiatan EPA Triwulan I tahun anggaran 2016, dapat disampaikan bahwa permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses pelaksanaan anggaran sampai dengan Triwulan I antaranya petunjuk teknis yang belum ada dari pusat, blokir pagu anggaran yang belum terbuka, terlambatnya penerbitan DIPA serta keterbatasan SDM pada satker.

Updated: 16 September 2016 — 08:53

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014