FGD Keuangan Daerah Soroti Potensi PAD dan Realisasi APBD Sulbar 2016

20160809_102542Selasa, 9 Agustus 2016, bertempat di Mini Treasury Learning Center (Mini TLC) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, diselenggarakan kegiatan focus group discussion (FGD) Pembinaan Keuangan Daerah. Acara dihadiri oleh Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, para Kepala Bidang dan Kepala Seksi pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat serta perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju.

20160809_102505Dalam sambutannya, Plt. Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, I Gusti Bagus Eddy Pramana Madurja mengemukakan bahwa salah satu tugas dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat adalah pembinaan pelaksanaan anggaran daerah. Salah satu wujud dari pelaksanaan tugas tersebut adalah Penyusunan Kajian Fiskal Regional (Keuangan Daerah) guna mendapatkan masukan dan pendalaman materi maka diadakan kegiatan FGD dengan tema “Potensi Pendapatan Asli Daerah dan Realisasi APBD Sulawesi Barat 2016” dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Pemerintah Daerah untuk lebih menggali potensi pendapatannya sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap dana transfer daerah.

IMG_7666Hari Purwanto, Kepala Seksi pada Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II, memaparkan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) pada Provinsi Sulawesi Barat, pertumbuhan pajak daerah, dan pertumbuhan retribusi daerah.

Gunawan Supriyanto, Kepala Bidang PPA II memaparkan sejarah PAD dan UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, juga ditambahkan bahwa diperlukan kreatifitas untuk menggali potensi PAD.

Peserta dari Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, menyampaikan masukan bahwa PAD dapat diperoleh dari intensifikasi pajak daerah, namun perlu juga diperhatikan jangan sampai proses intensifikasi pajak daerah membuat investor ragu untuk berinvestasi di Provinsi Sulawesi Barat.

Pada FGD ini, perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Mamuju menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dalam proses penerimaan PAD.

Updated: 7 October 2016 — 15:16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014