Hari Bakti Perbendaharaan, Kanwil Sulbar Adakan Serangkaian Kegiatan

08-Dekorasi KanwilMulai tahun 2016 ini, tanggal 14 Januari dicanangkan sebagai Hari Bakti Perbendaharaan. Hal itu berdasarkan pada Surat Edaran Dirjen Perbendaharaan Nomor SE-57/PB/2015 tentang Penetapan dan Penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan. Terpilihnya tanggal tersebut terkait dengan peringatan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pada tanggal 14 Januari 2004. Hari Bakti Perbendaharaan ditujukan untuk memantapkan jati diri dan identitas institusi Ditjen Perbendaharaan baik di lingkup Kementerian Keuangan maupun di tingkat nasional. Hari Bakti yang pertama kali diperingati ini mengusung tema “Ciptakan Solusi melalui Inovasi, Wujud Bakti Insan Perbendaharaan Kepada Negeri.”

07-IMG_9876Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat tak ketinggalan juga ikut memperingati Hari Bakti Perbendaharaan dengan merias diri dan menyelenggarakan sejumlah kegiatan. Kebetulan, bulan Januari 2016 tepat pula dengan dua tahun usia operasionalisasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat. Di beberapa sudut ruangan nampak didominasi untaian balon berwarna-warni, terutama di ruang pelayanan (front office). Kegiatan yang diselenggarakan antara lain berupa diskusi antarpegawai, ramah tamah, penanaman pohon, bakti sosial, dan pertandingan olahraga. Penyelenggaraan kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dan kreativitas para pegawai

Diskusi Antarpegawai

02-FGDTepat pada tanggal 14 Januari 2014 diselenggarakan serentak focused group discussion (FGD) di kantor-kantor Ditjen Perbendaharaan, mulai dari Kantor Pusat, Kanwil, hingga KPPN. FGD di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dilaksanakan di aula Kanwil dan diikuti oleh seluruh pegawai.

Kepala Kanwil, Catur Ariyanto Widodo, dalam pengarahannya menyampaikan sekilas sejarah perjalanan panjang Ditjen Perbendaharaan hingga saat ini, di mana Ditjen Perbendaharaan memiliki peran sentral dalam menjamin keberlangsungan pengelolaan Keuangan Negara. Berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih oleh Ditjen Perbendaharaan juga ikut disampaikan dalam kesempatan tersebut.

FGD dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh seluruh pegawai. Para pegawai diminta untuk menyampaikan segala unek-uneknya terkait Ditjen Perbendaharaan. Diskusi dipimpin langsung oleh Kakanwil dengan moderator Kepala Bidang SKKI, Syafrial.

Diskusi juga diisi dengan sesi penyampaian harapan melalui secarik kertas yang dibagikan kepada seluruh pegawai yang hadir pada saat itu. Kertas tersebut menjadi harapan dari seluruh pegawai untuk Ditjen Perbendaharaan ke depan.

Mengakhiri FGD, Kakanwil meminta kepada seluruh pegawai bahwa Hari Bakti Perbendaharaan tidak hanya menjadi peringatan saja, melainkan sebagai ajang evaluasi dan momentum untuk berkarya lebih baik lagi serta berinovasi demi Ditjen Perbendaharaan.

Ramah Tamah

11-IMG_0521Pada tanggal 14 Januari 2016 malam, diselenggarakan ramah tamah yang diikuti oleh pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dan KPPN Mamuju beserta keluarganya. Kegiatan ramah tamah ditujukan untuk menciptakan suasana keakraban di antara seluruh keluarga besar kantor Ditjen Perbendaharaan di Mamuju.
Kegiatan yang dilaksanakan di sebuah rumah makan di Mamuju ini berlangsung hangat dan santai. Dalam sambutannya, Kakanwil Catur Ariyanto Widodo menyampaikan pesan-pesan sekitar Hari Bakti Perbendaharaan. Selain itu, Kakanwil juga memberikan apresiasi atas beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Kanwil dan KPPN. Pada tahun 2015 Kanwil Ditjen Perbendaharaan berhasil meraih cukup banyak prestasi, di antaranya:

  1. Peringkat 1 Lomba Kehumasan 2015 untuk kategori penulisan artikel blog.
  2. Peringkat 3 Lomba Kehumasan 2015 untuk kategori pelayanan prima (service excellence).
  3. Peringkat 4 Laporan Keuangan Tingkat Kuasa BUN 2014.
  4. Peringkat 5 Pelaksanaan tugas Kepatuhan Internal 2015.
  5. Peringkat 7 Pelaksanaan Pengelolaan Kinerja 2015.
  6. Peringkat 9 Kajian Fiskal Regional (KFR) 2014.
  7. Peringkat 10 Laporan Hasil Pembinaan dan Supervisi (LHPS) Semester I 2015.

KPPN Mamuju mendapatkan apresiasi dari Kakanwil atas kelancaran tugas pelaksanaan APBN dan penerimaan negara di akhir tahun 2015.

Di tengah acara beberapa pejabat dan pegawai tampil menyumbangkan suara emasnya. Seluruh pegawai yang hadir saat itu pun terlarut dalam suasana suka cita dan kemeriahan peringatan Hari Bakti Perbendaharaan.

Penanaman Pohon dan Bakti Sosial

06-Penanaman Pohon2Pada Jumat pagi tanggal 15 Januari 2016, setelah pelaksanaan senam bersama dilaksanakan penanaman pohon. Kegiatan dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan tersebut bertujuan untuk turut serta mengurangi dampak pemanasan global serta sebagai penghijauan areal kantor Penanaman pohon diawali dengan arahan oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat Catur Ariyanto Widodo dan dilanjutkan dengan kegiatan inti penanaman pohon di beberapa titik pada halaman Gedung Keuangan Negara (GKN) Mamuju.

26-Panti asuhan1Pada Jumat sorenya, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diterima selama ini, maka peringatan Hari Bakti Perbendaharaan diisi pula dengan kegiatan berbagi, yaitu pemberian bantuan sukarela pegawai ke Panti Asuhan LKSA Campaloga di Jalan Kali Mamuju. Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dan beberapa pejabat Kanwil.

Pertandingan Olahraga

23-Pertandingan dgn BPKMelengkapi peringatan Hari Bakti Perbendaharaan, Kanwil Ditjen Perbendaharaan mengadakan beberapa kegiatan olahraga. Yang pertama, pertandingan persahabatan beberapa cabang olahraga dengan Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Barat pada tanggal 15 Januari 2016. Yang kedua, pertandingan persahabatan bola voli dengan KPPN Mamuju pada tanggal 25 Januari 2016. Kegiatan olahraga ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, mengingat selain hubungan formal antarinstansi, perlu juga dijalin hubungan informal agar terjadi sinergi yang lebih baik lagi.

Updated: 1 February 2016 — 11:34

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014