Kanwil Perbendaharaan Gelar Rakor Pendampingan Penyusunan LK UAPPA-W Semester I 2016

PAPK(1)Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan kegiatan pendampingan penyusunan LK UAPPA-W (Laporan Keuangan Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah) Semester I Tahun 2016 yang merupakan tindak lanjut dari Diklat Pendampingan Penyusunan laporan Keuangan yang telah diikuti oleh Pegawai Kanwil dan KPPN di Makassar tanggal 13 s.d 24 Juni 2016. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar UAPPA-W dapat menyusun laporan keuangan yang berkualitas. Kepala Kanwil, I Gusti Bagus Edy Pramana Madurja dalam sambutannya mengatakan, “Pegawai Kanwil dan KPPN dapat memberikan pembinaan pendampingan serta membantu memecahkan permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan sehingga UAPPA-W dapat menyusun laporan keuangan yang berkualitas.”

PAPK(2)Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Wimpie Defianto dalam pemaparannya menyampaikan, mekanisme pembentukan UAPPA-W dan satker yang disarankan menjadi UAPPA-W di lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat serta tugas UAPPA-W pasca implementasi aplikasi e-rekon-LK. E-rekon LK merupakan aplikasi berbasis web yang diterbitkan Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan guna keperluan rekonsiliasi dan penyajian/penyusunan laporan keuangan Tahun 2016.

PAPK(3)Dalam sesi telaah laporan keuangan, UAPPA-W melakukan proses penelaahan laporan keuangan masing-masing untuk periode semester I Tahun 2016 dan dipandu oleh  pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Andang Prihasnowo (Kasi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah), Koni Royyan dan Hardin (Staf Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan). Penelaahan dilakukan terhadap kelengkapan laporan, persamaan dasar akuntansi,  telaah per jenis laporan, kesesuaian dengan laporan BMN, hubungan antarlaporan keuangan, dan telaah Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK).

Updated: 7 October 2016 — 17:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014