“Kick Off Meeting” Ekonom Kementerian Keuangan dan FGD Kajian Fiskal Regional

1Kamis, 7 April 2016, bertempat di Mini Treasury Learning Center (Mini TLC) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, diselenggarakan kegiatan kick off meeting bersama Ekonom Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Barat dan focus group discussion (FGD) Kajian Fiskal Regional. Acara dihadiri oleh perwakilan dari Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, KPP Pratama Mamuju, KPPN Mamuju, KPPN Majene, serta para Kepala Bidang dan Kepala Seksi pada Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Catur Ariyanto Widodo, menyampaikan bahwa kegiatan kick off meeting Ekonom Kementerian Keuangan ini menandai awal dimulainya kerja sama antara Ekonom dan Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah Provinsi Sulawesi Barat. Pada kesempatan tersebut disampaikan bahwa Ekonom Kementerian Keuangan bukan hanya milik Ditjen Perbendaharaan sehingga dipersilakan bagi unit-unit kerja lainnya dalam lingkup Kementerian Keuangan untuk bekerja sama atau memanfaatkan guna menyampaikan visi/misi/program kerjanya kepada masyarakat. Selanjutnya Kakanwil mengingatkan kembali pesan-pesan Menteri Keuangan terkait dengan peran Ekonom Kementerian Keuangan di daerah, di antaranya:

  • Ekonom diharapkan dapat mendorong kesadaran masyarakat dalam peningkatan membayar pajak.
  • Sosialisasi tax amnesty kepada masyarakat dengan menyampaikan maksud dan tujuan tax amnesty sehingga harapan dicapainya kenaikan pendapatan nasional kurang lebih 70 triliun rupiah serta adanya repatriasi dana bisa terwujud.
  • Para ekonom diminta untuk menyosialisasikan strategi pengelolaan utang yang diambil pemerintah.
  • Para ekonom juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat terutama yang berhubungan dengan APBN agar mendorong pelaksanaan belanja negara yang merata, efektif, dan efisien.
  • Peningkatan kapasitas internal Kanwil Kementerian Keuangan di daerah untuk pelayanan kepada stakeholder yang lebih baik lagi.

2Selaku narasumber yaitu Hari Purwanto, Kepala Seksi pada Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, memaparkan peran fiskal dalam PDRB Sulawesi Barat, perbandingan tingkat pertumbuhan ekonomi Sulawesi Barat dengan tingkat pertumbuhan ekonomi Nasional, Pelaksanaan APBN pada Provinsi Sulawesi Barat dan Pelaksanaan APBD pada Provinsi Sulawesi Barat.

Ekonom Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Barat, Dr. Tajuddin Parenta, M.A., pada kegiatan ini memberikan rekomendasi terhadap penyusunan KFR agar ke depannya dilakukan perbaikan-perbaikan dalam penyajian dan analisis data. Pada ulasan penutupnya, Tajuddin juga mengulas secara singkat apakah Government Expenditure (G) akan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat. (Suriatman Basri)

3

Updated: 18 June 2016 — 13:58

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014