Kinerja Ditjen Perbendaharaan Menjadi Contoh dan Acuan Pemerintah Daerah Sulawesi Barat

Sumber: Situs Ditjen Perbendaharaan, 15-10-2014

1Mamuju, perbendaharaan.go,id –
Dirjen Perbendaharaan meresmikan operasionalisasi Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sekaligus melakukan kunjungan kerja untuk bertemu dengan semua pegawai di KPPN Mamuju dan Kantor Wilayah DJPBN Prov. Sulbar (08/10).

Layanan Ditjen Perbendaharaan di Provinsi Sulbar telah berjalan sejak dua tahun setelah dibentuknya provinsi Sulbar yaitu tepatnya tahun 2006. Pelayanan itu dilaksanakan oleh KPPN Mamuju. Hadirnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulbar sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pemangku kepentingan.

Beroperasinya layanan yang diselenggarakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar telah membawa percepatan terhadap pembangunan. “Percepatan yang berkaitan dengan keuangan telah mendorong mekanisme pengelolaan pemerintahan dan pengelolaan pembangunan menjadi lebih baik “ kata Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh dalam sebuah testimoninya. Di sisi teknis operasional, Kanwil Prov. Sulbar dan KPPN Mamuju mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh pemerintah daerah provinsi Sulawesi barat. “Bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Ditjen Perbendaharaan dapat menjadi contoh dan acuan satuan kerja pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah yang lain termasuk di Sulawesi Barat” kata Sekda Sulawesi Barat Nur Alam Tahir.

TINO0059Spending review dan Kajian Fiskal Regional merupakan tugas baru Ditjen Perbendaharaan yang membutuhkan koordinasi internal dan dengan pihak external. Peran Kanwil Ditjen Perbendaharaan menjadi lebih strategis dengan melakukan analisis terhadap aktivitas fiscal yang dilakukan di daerah. Hasil analisis tersebut dapat digunakan oleh pemerintah daerah sebagai salah satu alat untuk melihat lebih dalam terhadap pengelolaan keuangan daerahnya. Hubungan mutualisme inilah yang diharapkan tetap terjalin harmonis mendukung pelaksanaan tugas masing-masing.

Di kesempatan selanjutnya Dirjen Perbendaharaan menemui langsung para pegawai di lingkungan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Sulbar. Berbincang langsung dengan beberapa petugas dari satuan kerja yang sedang mengantar SPM dan Rekonsiliasi tak luput dari perhatiannya. “sebuah kebahagiaan bagi kami semua pegawai, Bapak Dirjen berkenan berkunjung” kata Catur Ariyanto Widodo, PLT Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. SulBar.

Implementasi SPAN membawa situasi baru pada pelaksanaan penyerapan anggaran. Kendala di lapangan terkait dengan pelaksanaan SPAN harus disikapi dengan tepat. “SPAN dilakukan oleh mesin, jadi pada saat implementasi dibutuhkan pendampingan yang bagus dari KPPN kepada Satker” kata Dirjen Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono. Tentunya Ditjen Perbendaharaan telah menyiapkan peningkatan kompetensi SDM untuk melaksanakan SPAN. Dalam pengembangan SDM, Ditjen Perbendaharaan secara konsisten membangun sistem dengan prinsip-prinsip yang telah disepakati dalam pola mutasi di lingkungan Ditjen Perbendaharaan.

Oleh : Tim Media Center Ditjen Perbendaharaan

Updated: 26 November 2014 — 16:17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014