Liputan Workshop Sistem Akuntansi bagi UAPPA-W

Pada hari Kamis, 13 Maret 2014, bertempat di hotel d’Maleo, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan workshop sistem akuntansi bagi Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah (UAPPA-W) dalam rangka implementasi sistem akuntansi berbasis akrual lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat. Workshop Sistem Akuntansi bagi UAPPA-W merupakan langkah awal yang penting untuk meningkatkan koordinasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat khususnya Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan dengan Pemerintah Daerah dan satuan kerja/SKPD di Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah sebagai amanat dari Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/2013 dan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-57/PB/2013.

Kegiatan workshop dilaksanakan bertujuan untuk pembentukan UAPPA-W bagi kementerian/lembaga yang memiliki kantor di daerah tetapi belum memiliki kantor wilayah, peningkatan pemahaman tata cara rekonsiliasi UAPPA-W terkait tugas UAPPA-W sebagai Unit Akuntansi Instansi tingkat wilayah termasuk persiapan menyongsong implementasi sistem akuntansi berbasis akrual, dan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan pelaporan keuangan di tingkat UAPPA-W sekaligus permasalahan yang berkaitan dengan penyusunan LKPD, serta sebagai sarana penjelasan tentang pelaporan dan pertanggungjawaban dekonsentrasi, tugas pembantuan, dan urusan bersama.

pembukaanKegiatan workshop sistem akuntansi bagi UAPPA-W dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat Catur Ariyanto Widodo. Dalam sambutannya Kepala Kanwil mengungkapkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara telah diatur bahwa pemerintah berkewajiban untuk menyampaikan laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban atas pelaksanaan keuangan negara dan juga telah diatur tentang laporan keuangan baik jenis maupun periodisasi penyampaiannya. Selanjutnya, sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara diatur penyampaian laporan keuangan secara periodik kepada BPK yang nantinya akan memberikan opini atas penilaian laporan keuangan tersebut berdasarkan kriteria atau standar tertentu. Di samping itu, Catur juga menyampaikan urgensi diadakannya workshop sistem akuntansi bagi UAPPA-W. “Dalam rangka untuk memenuhi kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektivitas penyelenggaraan keuangan negara inilah maka pertemuan ini kita adakan”, ungkap Kakanwil.

MateriWorkshop yang diikuti oleh peserta dari satuan kerja yang direkomendasikan sebagai UAPPA-W dan pemerintah daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Barat dibagi dalam tiga sesi acara pemaparan materi. Sesi pertama dengan narasumber Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Wimpie Defianto dengan materi Pedoman Rekonsiliasi Dalam Rangka Penyusunan Laporan Keuangan Lingkup Bendahara Umum Negara dan Kementerian Negara/Lembaga sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 210/PMK.05/2013 dan Pedoman Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2013 sesuai dengan Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-57/PB/2013. Di samping itu, Wimpie juga menyampaikan pembentukan UAPPA-W lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat.

Sesi kedua diisi oleh Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II A pada Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Hari Purwanto dengan materi Persiapan Satker/SKPD menghadapi implementasi akuntansi berbasis akrual. Sesi pemaparan materi yang terakhir dibawakan oleh Kepala Bidang Pelaksanaan Anggaran II Gunawan Supriyanto dengan materi Pelaporan dan Pertanggungjawaban Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan.

Harapan ke depan dengan terlaksananya kegiatan workshop bagi UAPPA-W adalah dapat meningkatkan koordinasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dengan para UAPPA-W dan Pemerintah Daerah di Provinsi Sulawesi Barat sehingga pelaksanaan rekonsiliasi dan tugas-tugas penyusunan laporan keuangan tingkat wilayah dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014