Memantapkan Sinergi, Bersama Membangun Bumi Manakarra

Sumber: Situs Ditjen Perbendaharaan, 25-02-2014

Liputan Rapat Koordinasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat
Mamuju, perbendaharaan.go.id 

Dalam rangka konsolidasi internal dan untuk lebih memantapkan sinergi, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi pada tanggal 29 s.d. 30 Januari 2014. Rapat tersebut diselenggarakan sebagai ajang untuk mengevaluasi program-program kerja KPPN di tahun 2013 dan pemaparan program-program kerja Kantor Wilayah dan KPPN di tahun 2014.

SebIMG_6822editagaimana diketahui Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat yang dibentuk dengan PMK nomor 169/PMK.01/2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah beroperasi mulai Januari 2014. Kanwil ini membawahi KPPN Mamuju dan KPPN Majene dengan wilayah kerja Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Mamuju, Kabupaten Mamuju Utara, Kabupaten Majene, Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Polewali Mandar. Semua wilayah tersebut terjalin dan dikenal dengan nama Bumi Manakarra, yang berarti tanah pusaka.

Sebagai provinsi ke-32 di Indonesia, harus diakui bahwa Provinsi Sulawesi Barat perlu mengejar ketertinggalannya dibandingkan provinsi-provinsi lainnya yang lebih dulu terbentuk. Oleh karena itu, rapat koordinasi kali ini mengangkat tema “Memantapkan Sinergi, Bersama Membangun Bumi Manakarra” sebagai penyemangat agar kehadiran Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dan kedua KPPN mampu mendorong percepatan pembangunan di Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan mengenai tantangan pelaksanaan anggaran di tahun 2014 dan upaya-upaya untuk mengamankannya. Lebih lanjut, beliau juga memaparkan mengenai hasil-hasil Rapimtas I Ditjen Perbendaharaan tahun 2014. Secara khusus, beliau menekankan pada peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang makin strategis dan pentingnya koordinasi dengan stakeholders untuk mendukung pelaksanaan tugas.

Selanjutnya, masing-masing Kepala Bidang memperkenalkan tugasnya dan memaparkan program kerjanya. Kabid PPA I menguraikan rencana untuk memperbaiki kualitas penyerapan anggaran pada satker melalui pembinaan IMG_6835edityang bersifat tematik dengan memperhatikan kebutuhan satker. Kabid PPA II menyampaikan upaya-upaya percepatan koordinasi dengan pemerintah daerah agar proses pembinaan pelaksanaan anggaran daerah dapat berjalan dengan baik. Kabid PAPK menyampaikan hasil evaluasi singkatnya terhadap LKPP Tingkat Kuasa BUN, dan mengutarakan kesiapannya untuk menyukseskan pelaksanaan akuntansi berbasis akrual. Pada bagian akhir, Kabid SKKI menyampaikan tekadnya agar kinerja KPPN di lingkungan Kanwil meningkat dan mampu bersaing menjadi yang terbaik di antara KPPN lainnya.

Pada segmen berikutnya, para Kepala KPPN menyampaikan hasil evaluasi pelaksanaan tugas tahun 2013 dan program kerja tahun 2014. Hasil evaluasi yang ada, capaian penyerapan anggaran pada KPPN Mamuju mencapai 95% dari total pagu sebesar Rp1,9 triliun, sementara KPPN Majene mencapai 96% dari total pagu sebesar Rp713 miliar. Lebih jauh para Kepala KPPN menyampaikan program kerja untuk mengatasi permasalahan umum yang masih terjadi seperti lambatnya penyerapan anggaran, masih ditemuinya retur, dan rendahnya kualitas pengelola keuangan. Para Kepala KPPN juga berharap dengan hadirnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dapat mengakselerasi proses pembinaan kepada satker.

DSC_1626Sebagai penutup, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyampaikan apresiasi atas semangat dari seluruh jajaran dalam membangun sinergi dan optimis bahwa ke depan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat mampu berkinerja baik seperti Kanwil yang lebih dulu terbentuk. Selanjutnya beliau juga meminta kepada KPPN Mamuju dan KPPN Majene, agar mempertahankan prestasi yang telah dicapai dan berkomitmen menjadi jembatan bagi pembangunan di Bumi Manakarra.

Oleh: Tim Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014