Pegawai Teken Kontrak Tingkatkan Kinerja

Sumber: Harian Radar Sulbar, 28 Januari 2016

IMG_1647Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011, setiap pegawai wajib menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP) pada awal tahun dan disetujui oleh atasan langsungnya sehingga dapat ditetapkan menjadi kontrak kerja. Pada Kementerian Keuangan hal tersebut telah diatur secara khusus dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 467/KMK.01/2014 tentang Pengelolaan Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan (KMK).

Ini mengatur bahwa setiap pegawai wajib membuat kontrak kinerja yang berisi pernyataan kesanggupan, peta strategi, perjanjian kinerja, target Indikator Kinerja Utama (IKU), inisiatif strategis dan SKP.

Menindaklanjuti perihal tersebut, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar melakukan penandatanganan Kontrak Kinerja Tahun 2016 dan Kick Off IKU Tahun 2016 dengan mengusung tema “Satu Hati Meraih Visi Treasury”. Kegiatan ini dilaksanakan  di Gedung Keuangan Sulbar, Selasa, 26 Januari.

Mulai dari Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar, Kepala KPPN Mamuju, Kepala KPPN Majene, kepala bidang dan seluruh pegawai Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar melakukan penandatanganan.

IMG_1674Usai penandatanganan, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar Catur Ariyanto Widodo menyatakan kegiatan tersebut merupakan awal dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Target yang telah ditetapkan dalam kontrak kinerja tersebut kiranya dapat dicapai secara optimal dan diharapkan tidak hanya sampai di situ, tetapi setiap pegawai harus memberikan kontribusi dan manfaat yang lebih untuk organisasi masing-masing.

“Pada tahun 2016 target yang ditetapkan semakin menantang, pegawai diharapkan bersungguh-sungguh dalam mencapai target kinerja tersebut,” kata Catur.

IMG_1598Dalam kesempatan yang sama, dirinya memaparkan capaian kinerja organisasi yang dipimpinnya mampu direalisasikan pada 2015 lalu. “Capaian kinerja cukup meningkat dari 2014 yang sebesar 108 persen menjadi 109,57 persen pada tahun 2015. Capaian kinerja organisasi ini tentunya tidak lepas dari pada peran aktif dan kerja keras seluruh pejabat dan pegawai lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sulbar

Catur mengimbau seluruh pegawai agar kontrak kinerja yang telah ditandatangani dapat menjadi dorongan untuk seluruh pegawai atas komitmen bersama dan sebagai extra effort dalam pencapaian target kinerja individu maupun organisasi. (fir/dir)

Updated: 1 February 2016 — 14:16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014