Pelaksanaan Anggaran Terkendala Proses Kontrak dan Keterbatasan SDM

epaKanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran (EPA) Satuan Kerja Triwulan II TA 2016 yang dilaksanakan pada dua tahap. Tahap pertama pada tanggal 21-22 Juli 2016 bertempat di Aula KPPN Majene dan tahap kedua pada tanggal 28-29 Juli 2016 bertempat di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju Utara. Dalam kesempatan ini, kehadiran satuan kerja (satker) dimaksudkan untuk mengutarakan permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses pelaksanaan anggaran sampai dengan Triwulan II Tahun 2016. Acara ini dihadiri oleh Pejabat dan Pengelola Keuangan pada satker lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat.

Pada tahap pertama yang berlangsung di Aula KPPN Majene dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Bendahara Pengeluaran. Acara hari pertama dihadiri 29 peserta dari 45 satker yang diundang dan pada hari kedua dihadiri 43 peserta dari 45 satker yang diundang. Materi EPA dibawakan oleh Nasrullah staf Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran (PPA) I/A Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dengan overview pelaksanaan anggaran lingkup satker di wilayah pembayaran KPPN Majene.

epa2Untuk tahap kedua yang bertempat di Aula KPU Mamuju Utara, acara hari pertama dihadiri 15 peserta dari 11 satker yang diundang dan pada hari kedua dihadiri 16 peserta dari 10 satker yang diundang. Materi EPA dibawakan oleh Anthon Misalayuk staf Seksi PPA I/B Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dengan overview pelaksanaan anggaran lingkup Satker di wilayah pembayaran KPPN Mamuju yang berada di Kabupaten Mamuju Tengah dan Mamuju Utara.

epa3Dari hasil kegiatan EPA Triwulan II TA 2016, dapat disampaikan bahwa permasalahan-permasalahan yang ditemui dalam proses pelaksanaan anggaran sampai dengan Triwulan II Tahun 2016 di antaranya meliputi petunjuk teknis yang belum ada dari pusat, blokir pagu anggaran yang belum terbuka, proses kontrak, dan keterbatasan SDM pada satker.

Updated: 5 October 2016 — 14:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014