Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2016 tingkat UAPPAW, Kembali di laksanakan

papkKanwil Ditjen Perbendaharaan Prov.Sulbar  melaksanakan kembali kegiatan pendampingan penyusunan laporan keuangan Tahun 2016 tingkat UAPPAW. Kegiatan yang dibuka oleh Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Gunawan Supriyanto, dilaksanakan di Aula GKN Lantai 5 pada hari Kamis tanggal 13 Oktober 2016. Salah satu tujuan yang diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut agar UAPPAW dapat menyusun Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2016 komprehensif yang berkualitas sebagai persiapan untuk penyusunan Laporan Keuangan Tahunan.

papk3Kegiatan yang terdiri dari 3 (tiga) sesi acara inti dimulai dengan pemaparan materi dari Kepala Bidang PAPK Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Wimpie Defianto. Dalam paparannya, Wimpie menyampaikan materi tentang Penyusunan Laporan Keuangan Triwulan III Tahun 2016 Komprehensif. Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai penggunaan aplikasi e-rekon dalam penyusunan laporan keuangan yang disampaikan oleh Hardin, pelaksana bidang PAPK Kanwil DJPBN Prov. Sulawesi Barat.

papk2Sesi acara yang terakhir diisi dengan pendampingan penyusunan laporan keuangan triwulan III Tahun 2016 komprehensif. Dalam sesi pendampingan dilakukan telaah terhadap laporan keuangan Triwulan III Tahun 2016. Disamping itu, yang tak kalah penting yaitu penelusuran dan penyampaian permasalahan masing-masing UAPPAW secara detil. Permasalahan UAPPAW dibagi dalam tiga kategori yaitu Saldo Tidak Normal, Realisasi Belanja Tanpa Pagu, Pengembalian Belanja lebih besar dari Belanjanya. Atas permasalahan tersebut UAPPAW melakukan pemberitahuan kepada UAKPA masing-masing untuk melakukan perbaikan data, yang kemudian akan dilakukan upload ulang ke aplikasi e-rekon pada saat open period perbaikan data/rekonsiliasi. Adapun permasalahan yang hanya memerlukan penjelasan, cukup dicantumkan dalam Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Updated: 29 November 2016 — 11:19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014