Penyerahan DIPA 2016

IMG_9501Gubernur Sulawesi Barat, H. Anwar Adnan Saleh, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2016 kepada para Bupati dan satker kementerian/lembaga lingkup Provinsi Sulawesi Barat, Kamis, 17 Desember 2015, di Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Nilai DIPA yang diserahkan mencapai Rp 10,033 triliun, terdiri atas Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 6,695 triliun, serta Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp 3,337 triliun. Hal ini berarti terdapat peningkatan pagu anggaran sebesar Rp 2,278 triliun atau 29%, jika dibandingkan dengan DIPA awal tahun 2015. Kenaikan tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah untuk mendorong percepatan pembangunan di Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Gubernur H. Anwar Adnan Saleh kembali mengingatkan kepada para Bupati dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) lingkup Provinsi Sulawesi Barat agar menggunakan anggaran yang telah dialokasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat secara maksimal. Gubernur juga menyampaikan kembali pesan dari Presiden Joko Widodo, bahwa penyusunan dan penggunaan anggaran agar tidak menggunakan kata-kata bersayap untuk mencapai hasil yang lebih optimal, lebih konkret, lebih terukur, dan lebih tepat sasaran.

IMG_9444Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Catur Ariyanto Widodo, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa sejak tahun 2010, APBN telah disusun dengan menerapkan Penganggaran Berbasis Kinerja dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Kementerian Negara/Lembaga agar lebih fokus pada hasil-hasil yang akan dicapai. Pencapaian hasil-hasil tersebut telah terinci berupa output dan outcome. Outcome merupakan hasil pencapaian suatu program pada unit organisasi Kementerian Negara/Lembaga yang diukur berdasarkan Indikator Kinerja Utama, sedangkan output merupakan hasil pencapaian suatu kegiatan pada satuan kerja yang diukur berdasarkan Indikator Kinerja Kegiatan.

IMG_9459Penyerahan DIPA 2016 Sulawesi Barat merupakan tindak lanjut Penyerahan DIPA 2016 secara nasional oleh Presiden Jokowi pada hari Senin tanggal 14 Desember 2015 di Istana Negara. Sebagaimana diketahui, DIPA yang telah mendapat pengesahan Menteri Keuangan berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran dan penyerahannya menandai awal pelaksanaan APBN 2016. Penyerahan IMG_9515DIPA 2016 sengaja dilakukan pada akhir tahun 2015 agar pencairan dana dapat dimulai dari awal tahun sehingga mendorong percepatan penyerapan anggaran. Percepatan ini nantinya akan memberikan dampak ekonomi yang besar bagi kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga sebagai upaya agar pemerintah daerah dan satuan kerja mulai meninggalkan pola lama berupa penumpukan penyerapan anggaran pada akhir tahun. Upaya akselerasi ini dapat mendorong terwujudnya kebijakan fiskal yang efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014