Rakor Pendampingan Penyusunan LK 2016 Diselenggarakan Untuk Hindari Temuan BPK

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi pendampingan penyusunan laporan keuangan pada hari Rabu 25 Januari 2017 bertempat di Aula GKN Mamuju Lantai 5, Jl. Soekarno Hatta – Mamuju, Sulawesi Barat. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh satuan kerja selaku UAPPAW lingkup Sulawesi Barat tersebut merupakan kegiatan pendampingan dalam penyusunan laporan keuangan Ta. 2016.

Plh. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Teguh Ratno Sukarno menyampaikan bahwa untuk menghindari berulangnya hasil temuan BPK atas pemeriksaan LKKL diperlukan koordinasi yang lebih intensif antara pengelola keuangan di Satuan Kerja dengan Ditjen Perbendaharaan selaku pembina akuntansi dan pelaporan keuangan Satuan Kerja. Dalam hal tingkat Wilayah, maka UAPPA-W dapat berkoordinasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat. Laporan Keuangan tingkat UAPPA-W yang baik akan berkontribusi kepada Laporan Keuangan K/L yang baik. Maka dari itu UAPPAW diharapkan dalam mengungkapkan segala permasalahan yang ada dalam penyusunan laporan keuangan tahun 2016 agar ketika laporan keuangan tersebut dikirimkan ke level yang lebih tinggi yaitu level eselon 1 sudah tidak terdapat permasalahan yang berpotensi menjadi temuan BPK.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pendampingan bagi UAPPAW dalam menelaah laporan keuangan masing-masing. Telaah LK dilakukan dengan menggunakan format kertas kerja telaah. Beberapa permasalah yang ditemukan dari hasil telaah berupa Saldo Tidak Normat, Aset Belum Diregister, Pagu Minus, dan Kesalahan Penggunaan Akun. Temuan kesalahan tersebut menjadi dasar bagi UAPPAW untuk melakukan perbaikan laporan keuangan sebelum disampaikan ke tingkat eselon I

Updated: 8 February 2017 — 08:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014