Rakorda Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016

IMG_1362Bertempat di Hotel d’Maleo Mamuju, Selasa, 26 Januari 2016, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016 bertemakan “Sinergi Untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan Keuangan Guna Mewujudkan Guna Mewujudkan Pelaksanaan Anggaran Yang Efektif, Efisien dan Akuntabel”. Acara ini dihadiri oleh para Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Pengelola Keuangan pada satuan kerja lingkup Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Catur Ariyanto Widodo memberikan apresiasi kepada segenap satuan kerja atas kinerja yang baik pada Tahun Anggaran 2015 dan berharap pelaksanaan anggaran pada Tahun 2016 ini dapat berjalan lebih baik dibandingkan tahun lalu. Catur Ariyanto Widodo juga menyampaikan isu-isu strategis terkait pelaksanaan anggaran di antaranya tentang SPAN, Uang Persediaan dan PNBP.

IMG_1393Rakorda ini dibagi dalam dua sesi, dengan moderator Patland Patara Landawi. Pada sesi pertama, tampil sebagai narasumber pertama yaitu I Gusti Bagus Eddy Pramana Madurja, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I (PPA I) Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat yang menyampaikan evaluasi pelaksanaan anggaran satuan kerja lingkup Provinsi Sulawesi Barat. Dalam kesempatan tersebut disampaikan hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran sepanjang semester II Tahun 2015 dan langkah-langkah strategis menyongsong tahun anggaran 2016.

Narasumber kedua Kepala KPPN Majene, Alexander Budi Dayantoro, menyampaikan reviu teknis KPPN Majene. Dalam pemaparannya, Budi menyampaikan beberapa hal antara lain tingkat penyerapan satuan kerja lingkup KPPN Majene, kendala akhir tahun 2015 dan permasalahan-permasalahan selama Tahun 2015.

Saor Silitonga, Kepala KPPN Mamuju, tampil sebagai narasumber ketiga menyampaikan Overview Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Mitra KPPN Mamuju T.A. 2015. Dalam pemaparannya, Saor menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh satuan kerja lingkup KPPN Mamuju di antaranya keterlambatan penyetoran sisa uang persediaan Tahun 2015, keterlambatan penyampaian ADK kontrak ke KPPN dan permasalahan terkait dengan jaminan uang muka.

IMG_1470Pada sesi kedua, tampil sebagai narasumber pertama yaitu Bambang Maryanto, Kepala Seksi PPA I A Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, menyampaikan materi Pembayaran dan Penyelesaian Sisa Pekerjaan Pada Akhir Tahun Anggaran dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK-168/PMK.05/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah Pada Kementerian Negara/Lembaga.

IMG_1489Narasumber terakhir yaitu Nuralam, AO PT Taspen Cabang Mamuju, menyampaikan materi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Para peserta Rakorda juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan maupun masukan terkait dengan pelaksanaan anggaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014