Reviu Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2013 Provinsi Sulawesi Barat

Cover-RPAReviu Pelaksanaan Anggaran ini dibuat terutama sebagai alat untuk melakukan diagnosis terhadap pelaksanaan anggaran, sekaligus sebagai laporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran. Dengan kata lain laporan ini merupakan laporan manajerial untuk mendukung pengambilan kebijakan, terutama ada aspek pelaksanaan anggaran.

Sebagai laporan diagnosis pelaksanaan anggaran, laporan  ini  menyajikan capaian-capaian dan permasalahan-permasalahan pelaksanaan anggaran. Demikian pula, sebagai laporan monitoring evaluasi, laporan ini menyajikan hasil monitoring dan evaluasi. Monitoring pelaksanaan anggaran merupakan suatu proses yang meliputi kegiatan pemantauan, pengumpulan, pengelompokan, dan pengolahan data-data pelaksanaan anggaran, serta permasalahan-permasalahannya. Sedangkan  evaluasi pelaksanaan anggaran adalah suatu proses kegiatan penilaian dan pengukuran terhadap penyerapan anggaran diikuti dengan analisis hal-hal yang mempengaruhi tingkat penyerapan anggaran.

Dengan demikian, laporan ini setidaknya dibuat untuk beberapa tujuan di bawah ini:

  1. Untuk memberikan informasi mengenai capaian-capaian pelaksanaan anggaran semester II pada tahun anggaran 2013;
  2. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelaksanaan anggaran;
  3. Untuk menilai kinerja pelaksanaan anggaran, dan;
  4. Untuk merumuskan langkah-langkah tindak lanjut dalam rangka perbaikan  pelaksanaan anggaran.

Laporan ini juga ditujukan sebagai bahan dalam penyusunan kebijakan percepatan penyerapan anggaran dan regulasi di bidang pelaksanaan anggaran bagi  Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN), dan Kementerian Negara/Lembaga selaku Pengguna Anggaran. Selain itu, laporan ini dapat  didiseminasikan kepada pihak lebih luas sebagai upaya peningkatan keterbukaan informasi mengenai pelaksanaan anggaran.

Silhhkan download Review Pelaksanaan Anggaran Semester II Tahun 2013 Prov. Sulawesi Barat di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014