Seminar Kebijakan Publik dan Perkembangan Ekonomi Terkini di Mamuju

Sumber: Situs Badan Kebijakan Fiskal, 19-09-2014

Mamuju (18/9)
med-mamuju8Ditjen Perbendaharaan, khususnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, bekerja sama dengan Badan Kebijakan Fiskal dan Ditjen Perimbangan Keuangan kembali menyelenggarakan seminar kebijakan publik dan perkembangan ekonomi terkini di d’Maleo Hotel and Convention Mamuju pada tanggal 18 September 2014. Seminar ini mengambil tema “Strategi Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Guna Mendorong Terwujudnya Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat yang Malaqbi” dikarenakan Sulawesi Barat merupakan provinsi yang sedang berkembang dan dengan percepatan ini diharapkan mampu menghasilkan pertumbuhan yang inklusif untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera atau malaqbi.

Pada seminar kebijakan publik dan perkembangan ekonomi terkini ini, Catur Ariyanto Widodo, Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Barat, berkesempatan untuk menyampaikan keynote speech-nya terkait dengan Provinsi Sulawesi Barat. Berkaca pada besarnya anggaran yang dikelola untuk menstimulasi perekonomian Sulawesi Barat, maka perlu dibangun komitmen bersama untuk penguatan kapasitas pengelolaan keuangan Negara. Melalui perbaikan tata kelola ini niscaya anggaran yang ada mampu mendorong pertumbuhan ekonomi regional. Catur Ariyanto Widodo menginginkan agar para narasumber dalam seminar ini mampu memberikan pandangan atau insights mengenai perkembangan ekonomi dan kebijakan ekonomi terkini, serta mendiskusikan berbagai persoalan ekonomi dan kebijakan publik secara konstruktif untuk menemukan solusi yang optimal.

Acara dilanjutkan dengan diskusi panel. Diskusi panel ini dimoderatori oleh Catur Ariyanto Widodo. Diskusi panel diisi oleh empat narasumber. Narasumber pertama, Siska Indirawati (Kabid Data Ekonomi Makro dan Administrasi Pengkajian, Pusat Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal) yang mempresentasikan bagaimana perkembangan terkini makro ekonomi dan fiskal Indonesia dilihat dari perkembangan perekonomian global dan perkembangan perekonomian domestik dan bagaimana perkembangan RAPBN 2015. Lalu narasumber kedua, Sjamsudin Bahri (Kasubdit PDRD III, Direktorat Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, Ditjen Perimbangan Keuangan), beliau menjelaskan mengenai kebijakan optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah, apa saja permasalahan pajak daerah dan retribusi daerah, dan tindak lanjut yang diperlukan. Narasumber ketiga, H. Agussalim Tamadjoe (Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Barat) menyampaikan hal terkait kebijakan pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dalam mengelola potensi guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya adalah program prioritas infrastruktur jalan Provinsi Sulawesi Barat. Terakhir, narasumber keempat,  Tadjuddin Parenta (Lektor Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin) dengan paparannya Indonesia Incorporated sebagai fondasi sistem pengolahan potensi sumber daya regional.

Demikianlah rangkaian acara seminar kebijakan publik dan perkembangan ekonomi terkini di Mamuju, seminar ini ditutup oleh Catur Ariyanto Widodo yang berharap semoga seminar ini menjadi bentuk nyata atas sumbangsih dan kepedulian terhadap perkembangan pembangunan nasional pada umumnya, dan pembangunan di Provinsi Sulawesi Barat pada khususnya. Selanjutnya acara diakhiri dengan makan siang dan ramah tamah dengan seluruh peserta seminar yang hadir. (aip)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat © 2014